Cara Membuat Bootable Windows 11 Menggunakan RUFUS

Bootable Windows 11

Kali ini saya akan membagikan cara mebuat bootable flasdisk windows 11 dengan mudah menggunakan software rufus. Bootable flasdisk merupakan cara yang paling efektif digunkan dalam mengistal windows atau operasi sistem pada sebuah laptop atau pc. Berikut ini langkah-langkah detail dalam membuat bootable flashdisk windows 10 maupun windows 11:

Persiapan Awal:

Sebelum anda memulai dalam proses pembuatan flasdisk bootable windows, pastikan anda sudah memiliki file ISO Windows 10 maupun Windows 11, tergantung kebutuhan ada. kalau belum memliki file isi sebaiknya download dulu pada situs resminya.

Langkah-langkah:

  1. Download Aplikasi Rufus: Download aplikasi Rufus yang ada pada situs resminya dengan mengunjungi tautan ini "https://rufus.ie/id/"

  2. Buka Rufus: Klik dua kali pada file Rufus. Maka akan muncul tab seperti di gambar di bawah ini

  3. Pilih USB: Pasang USB Drive yang akan anda gunkan untuk Windows Bootable. Pilih USB yang telah anda pasang pada tab device

  4. Boot Selection: Klik menu SELECT untuk membuka file iso windows yang telah anda persiapkan sebelumnya

  5. Pilih Partisi dan Sistem Target: Pada opsi ‘Partition scheme and target system type’, pilih ‘MBR partition scheme for BIOS or UEFI’.

  6. Pilih Format File System: Pada bagian ‘File System’, pilih FAT32. Untuk opsi ‘Cluster Size’, pilih 4096 bytes atau biarkan pada pengaturan default.

  7. Centang Opsi Penting: Centang kotak ‘Quick format’, ‘Create a bootable disk using’, dan ‘Create extended label and icon files’.

  8. Mulai Proses: Setelah semua pengaturan yang disesuaikan, lalu klik tombol Start dalam memulai proses pembuatan Windows bootable flashdisk.

Penutup:

Dengan mengikuti langkah - langkah yang telah anda buat, tunggu hingga proses selesai, ini akan cukup memakan waktu, tergantung file windows yang anda miliki, dan Selamat Anda telah berhasil membuat windows bootable dan flashdisk atau drive yang anda milik telah dapat digunkan untuk menginstall laptop yang mengalami rusak windows atau terkena virus.

Dan perlu di ingat sebelum anda memulai instal ulang sebuah laptop, pastikan semua file - file penting di BACK UP terlebih dahulu, karena paroses ini akan dapat menghapus semua file yang ada pada laptop anda dan lakukanlah dengan sangat berhati - hati dan konsentrasi.

Terimakasih telah membaca artikel ini silakan tinggalkan pesan apabila anda mengalami kesulitan dalam mebuat windows bootable windows menggunkan rufus.

 

0 Comments

Posting Komentar